Selasa, 05 Januari 2010

Dasar dasar dan pengenalan sistem radio rc

Sekarang ini banyak berbagai merek remote yang ada di pasaran indonesia, dari merek Futaba, Jr, Hitech, dll. dan tersedia berbagai macam channel dari mulai 4 channel sampai 14 channel. Pemula harus dapat memilih remote jenis apa yang akan digunakan. sistem pemilihan ini pada dasarkan tergantung pula pada budget biaya yang akan kita keluarkan. Pada prinsipnya kebutuhan dari pesawat model hanya membutuhkan 4 channel saja, sedangkan untuk helicopter membutuhkan 6 channel.

sistem basic system radio 4 channel di bagi menjadi beberapa bagian penting :

Transmitter - merupakan bagian kontrol unit yang di pegang oleh pilot sebagai input pengiriman signal ke pesawat/ helicopter model.The unit which takes the input from the user through the gimbals or sticks, encodes it, and sends it to the aircraft
Receiver - merupakan unit penerima pada model.
Servos - suatu alat yang digunakan sebagai sistem penggerak pada model yang bergerak sesuai input yang diberikan oleh transmitter.
Batteries - sumber tenaga penggerak pada model dan transmitter.



sistem signal yang digunakan pada radio memiliki signal yang berupa signal FM baik berupa single conversion, atau PCM double conversion, dan sistem yang terbaru menggunakan sistem 2.4 Giga.


untuk indonesia, kita menggunakan remote dengan mode II. jadi apabila memberi remote perhatikan hal ini, karena instruktur yang akan mengajar anda 99.9 % menggunakan mode II.



pada prinsipnya, remote 4 channel sudah lebih dari cukup untuk belajar menerbangkan pesawat model. sedangkan untuk belajar heli kita menggunakan remote 6 channel.
namun apabila kita menggunakan remote yang lebih canggih seperti 9 channel, maka kita akan mendapatkan menu menu khusus yang berisi fitur fitur yang akan membantu dan mempermudah kita dalah menerbangkan pesawat/helicopter model.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar